Contoh Proposal Pengajuan Skripsi

PROPOSAL SKRIPSI

STEGANOGRAPHY PADA FILE AUDIO MP3 UNTUK MENGAMANKAN DATA MENGGUNAKAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB)

Kumpulan Proposal Pengajuan Judul Skripsi

Disusun Oleh:
AMIN SAMSUDIN
NPM.1412110171


PROGRAM STUDI TEKNIK IFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
2015



BAB I
PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai latar belakang, permasalahan, serta tujuan dan manfaat dari pembuatan Tugas Akhir Skripsi ini. Selain itu bab ini juga menjelaskan batasan masalah, metodologi pembuatan Tugas Akhir dan sistematika pembahasan keseluruhan.

1.1   Latar Belakang
Seiring perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat, maka proses pengiriman data dapat dilakukan dengan mudah dan melalui berbagai macam media yang ada. Antara lain, melalui media internet dengan menggunakan fasilitas e-mail, melalui transfer data antar perangkat mobile (Handpone,PDA, Flasdisk) maupun dengan teknologi radio frekuensi (Bluetooth,IrDA,GPRS) hingga dengan menggunakan jaringan komputer. Perkembangan yang pesat dalam proses pengiriman data membawa dampak yang besar, yaitu masalah keamanan data yang dikirim. Untuk itu, tidak mungkin mengirimkan data melalui mediamedia tersebut secara polos (plain), melainkan harus dilakukan proses pengamanan untuk data yang akan dikirim, salah satunya dengan cara melakukan enkripsi pada data tersebut. Namun dewasa ini, metode ini dirasakan masih kurang dalam keamanan datanya, maka data yang sudah di-enkripsi akan disembunyikan kedalam data lain yang disebut media pembawa (carrier). Metode ini disebut dengan Steganografi. Steganografi merupakan seni penyembunyian pesan ke dalam pesan lainnya sedemikian rupa sehingga orang lain tidak menyadari ada sesuatu di dalam pesan tersebut. Kata steganografi (steganography) berasal dari bahasa Yunani yaitu steganos yang artinya tersembunyi atau terselubung dan graphein, yang artinya menulis, sehingga kurang lebih artinya adalah “menulis tulisan yang tersembunyi atau terselubung” (Sellars, 1996). Teknik ini meliputi banyak sekali metoda komunikasi untuk menyembunyikan pesan 2 rahasia. Metoda ini termasuk tinta yang tidak tampak, microdots, pengaturan kata, tanda tangan digital, jalur tersembunyi dan komunikasi spektrum lebar. Proses steganografi menggunakan berbagai media, salah satunya yang umum digunakan untuk menyembunyikan data adalah file audio. Perkembangan steganografi sudah cukup maju, sehingga terdapat 5 metode dalam proses ini, antara lain yaitu Least Significant Bit, Parity Coding, Phase Coding, Spread Spectrum,  dan Echo Hiding. Dalam tugas akhir Skripsi ini akan dibuat aplikasi steganografi audio pada file mp3 dengan menggunakan metode Parity Coding. Dengan tujuan meningkatkan keamanan, maka data yang  akan  disembunyikan terlebih dahulu  akan  di-enkripsi  dengan menggunakan algoritma Rijndael encryption 128-bit.
1.2  Rumusan Masalah
Perumusan yang diangkat dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini adalah :
• Bagaimana merancang dan membuat suatu aplikasi steganography yang dapat mengamankan data pada file audio?
• Bagaiman cara meningkatkan keamanan data?
1.3   Batasan Masalah
 Sejumlah permasalahan yang dibahas dalam batasan masalah akan dibatasi ruang lingkup pembahasannya, antara lain:
• Membuat aplikasi untuk menjaga keamanan data, agar tidak jatuh kepada pihak yang tidak berkepentingan, saat melakukan pengiriman data melalui media elektronik dengan Steganografi dengan teknik Last Significan Bit (LSB).
• Media file audio yang digunakan untuk melakukan Steganografi yaitu tipe data MP3. 3
• Menggunakan metode Rijndael encryption 128-bit, untuk meningkatkan keamanan data yang akan disembunyikan.
• Aplikasi dibuat dengan menggunakan Netbeans
• Pengujian dengan cara membandingkan file aslinya dengan file yang sudah diekstrak dari proses steganografi.

1.4   Tujuan Peneletian
Tujuan dari penelitian adalah membuat aplikasi steganografi audio dalam file mp3 dengan teknik parity coding untuk menyembunyikan data yang bertujuan meningkatkan keamanan data pada proses transfer data pada media elektronik. Hal ini dilakukan untuk menghindari hacking dari pihak-pihak yang tidak berhak atas data yang dikirimkan itu. 

1.5  Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah :
1.      Bagi Peneliti
Menambah pengetahuan dan kreatifitas peneliti untuk membuat sebuah karya ilmiyah bidang keamanan data.
2.      Bagi Pengguna
Melalui aplikasi ini diharapkan pengguna merasa aman ketika menyimpan dan mengirim data yang sangat penting, data yang  disembunyikan  yang  di-enkripsi.
1.6   Metode Penelitian

Pembuatan tugas akhir ini dilakukan dengan mengikuti metodologi sebagai berikut :
1. Pemahaman Sistem dan Studi literature  Pada tahap ini akan dipelajari sejumlah literatur mengenai konsep dan teknologi yang akan digunakan untuk perancangan sistem. Mencari dan mempelajari bahan literatur  mengenai konsep dasar Steganography, Metode Parity Coding, Metode Rijndael encryption 128-bit, Audio MP3, Penyembunyian data ke dalam file Audio.
2. Analisis dan perancangan sistem Tahap ini meliputi perancangan sistem dengan menggunakan studi literatur dan mempelajari konsep teknologi dari software yang ada. Tahap ini merupakan tahap yang paling penting dimana bentuk awal aplikasi yang akan diimplementasikan didefinisikan. Pada tahapan ini dilakukan desain model data, desain proses-proses yang ada, dan desain antar muka aplikasi.
3. Implementasi
Pada tahap ini dilakukan implementasi sistem secara menyeluruh. Pengimplementasian dilakukan dengan berbekal pedoman-pedoman yang diperoleh pada tahap sebelumnya.
4. Ujicoba dan evaluasi
Pada tahap ini dilakukan ujicoba terhadap sistem yang dibuat, tujuannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi serta melakukan perbaikan untuk lebih menyempurnakan sistem yang dibuat.
5. Penyusunan
Pada tahap ini akan dilakukan penyusunan laporan yang menjelaskan dasar teori dan metode yang digunakan dalam tugas akhir ini serta hasil dari implementasi aplikasi perangkat lunak yang telah dibuat.
1.7   Sistematika Penulisan Tugas Akhir
Sistematika pembahasan yang digunakan untuk menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi adalah sebagai berikut:
BAB I :  PENDAHULUAN
Menjelaskan mengenai latar belakang, permasalahan, batasan masalah, tujuan, metodologi penelitian, dan sistematika pembahasan.
BAB II :  LANDASAN TEORI
Membahas beberapa teori penunjang yang berhubungan dengan pokok pembahasan dalam Tugas Akhir Skripsi ini yang secara garis besar berisi tentang  pembuatan aplikasi steganografi pada file audio mp3 dengan metode parity coding dan enkripsi rijndael.
BAB III : ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Dibahas mengenai desain dan perancangan perangkat lunak. Desain perangkat lunak meliputi desain data, desain proses dan 5 desain antar muka. Pada bab ini juga akan dijelaskan mengenai implementasi pembuatan aplikasi berdasarkan hasil rancangan yang telah dibuat sebelumnya.
BAB IV :  IMPLEMENTASI SISTEM 
Aplikasi yang telah selesai ini nantinya juga akan diuji dan dievaluasi untuk diperbaiki demi kelayakan sistem dan keberhasilan dari sistem ini sesuai dengan tujuan yang dibangun. 
BAB V : PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan Tugas Akhir Skripsi ini, serta saran untuk pengembangan sistem.  
Newest
Previous
Next Post »