Dasar - Dasar Image Processing Java Netbeans (Kumputer Grafik)

source code Image Processing Java Netbeans (Kumputer Grafik)

Hai Sob, Anda para Programmer Java di luar sana! Berikut tutorial saya share tentang Program GrafikPaint,dimana kita akan menggambar di atas Canvas kosong.tentunya anda para mahasiswa khususnya “Unirow” tak asing lagi kalau dengar kata-kata Canvas,pasti ingat tugas Komputer Grafik,Cuma bedanya ini di modifikasi lebih sederhana,itung-itung belajar dasar Image Processing. sebenarnya tutorial yang saya tulis ini lebih menjelaskan tentang menghitung warna RGB dimana akan saya bahas di script dibawah ini.

Code Sekaligus Penjelasan

 * Kode oleh Unirow / *
 * /
import java.awt *.;
impor java.awt.event *.;
import javax.swing *.;


cat public class {
static void main (String [] args) {public
Icon iconB = ImageIcon baru ("blue.gif");
/ / Ikon gambar biru
Icon iconM = ImageIcon baru ("magenta.gif");
/ / Icon gambar magenta
Icon iconR = ImageIcon baru ("red.gif");
/ / Icon gambar merah
Icon iconBl = ImageIcon baru ("black.gif");
/ / Hitam icon gambar
Icon iconG = ImageIcon baru ("green.gif");
/ / Akhirnya icon gambar hijau
/ / Ini akan menjadi gambar untuk warna kami.

Bingkai JFrame = JFrame baru ("Paint It");
/ / Membuat bingkai dengan judul "Paint it"

Isi kontainer = frame.getContentPane ();
/ / Membuat sebuah wadah baru
content.setLayout (BorderLayout baru ());
/ / Set tata letak

akhir PadDraw DrawPad = PadDraw baru ();
/ / Menciptakan padDraw baru, yang cukup banyak program paint

content.add (DrawPad, BorderLayout.CENTER);
/ / Set padDraw di tengah

Panel JPanel = new JPanel ();
/ / Menciptakan sebuah JPanel
panel.setPreferredSize (Dimensi baru (32, 68));
panel.setMinimumSize (Dimensi baru (32, 68));
panel.setMaximumSize (Dimensi baru (32, 68));
/ / Ini menentukan ukuran dari panel

JButton clearButton = new JButton ("Clear");
/ / Menciptakan tombol yang jelas dan menetapkan teks sebagai "Clear"
clearButton.addActionListener (new ActionListener () {
public void actionPerformed (ActionEvent e) {
drawPad.clear ();
}
});
/ / Ini adalah tombol yang jelas, yang membersihkan layar. Ini cukup
/ / Banyak menempel pendengar tindakan untuk tombol dan ketika
/ / Ditekan dia akan memanggil jelas () metode

JButton RedButton = new JButton (iconR);
/ / Menciptakan tombol merah dan menetapkan ikon yang kami ciptakan untuk merah
redButton.addActionListener (new ActionListener () {
public void actionPerformed (ActionEvent e) {
drawPad.red ();
}

});
/ / Jika ditekan akan memanggil merah (metode). Seterusnya dan seterusnya =]

JButton blackButton = new JButton (iconBl);
/ / Hal yang sama, kecuali ini adalah tombol hitam
blackButton.addActionListener (new ActionListener () {
public void actionPerformed (ActionEvent e) {
drawPad.black ();
}
});

JButton magentaButton = new JButton (iconM);
/ / Tombol magenta
magentaButton.addActionListener (new ActionListener () {
public void actionPerformed (ActionEvent e) {
drawPad.magenta ();
}
});

JButton blueButton = new JButton (iconB);
/ / Tombol biru
blueButton.addActionListener (new ActionListener () {
public void actionPerformed (ActionEvent e) {
drawPad.blue ();
}
});

JButton greenButton = new JButton (iconG);
/ / Tombol hijau
greenButton.addActionListener (new ActionListener () {
public void actionPerformed (ActionEvent e) {
drawPad.green ();
}
});
blackButton.setPreferredSize (Dimensi baru (16, 16));
magentaButton.setPreferredSize (Dimensi baru (16, 16));
redButton.setPreferredSize (Dimensi baru (16, 16));
blueButton.setPreferredSize (Dimensi baru (16, 16));
greenButton.setPreferredSize (Dimensi baru (16,16));
/ / Set ukuran tombol

panel.add (greenButton);
panel.add (blueButton);
panel.add (magentaButton);
panel.add (blackButton);
panel.add (RedButton);
panel.add (clearButton);
/ / Menambahkan tombol ke panel

content.add (panel, BorderLayout.WEST);
/ / Set panel ke kiri

frame.setSize (300, 300);
/ / Set ukuran frame
frame.setDefaultCloseOperation (JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
/ / Membuatnya begitu Anda dapat menutup
frame.setVisible (true);
/ / Membuatnya begitu Anda dapat melihatnya
}
}


kelas PadDraw meluas JComponent {
Gambar gambar;
/ / Ini akan menjadi gambar Anda bahwa Anda menarik pada
Graphics2D Graphics2D;
/ / Ini adalah apa yang kita akan gunakan untuk menarik
int CurrentX, currentY, oldX, oldy;
/ / Ini akan terus koordinat mouse kita

/ / Sekarang untuk konstruktor
PadDraw public () {
setDoubleBuffered (false);
addMouseListener (MouseAdapter baru () {
public void mousePressed (MouseEvent e) {
oldX = e.getX ();
oldy = e.getY ();
}
});
/ / Jika mouse ditekan ia menetapkan oldX & oldy
/ / Koordinat sebagai mouse x & y koordinat
addMouseMotionListener (MouseMotionAdapter baru () {
public void mouseDragged (MouseEvent e) {
CurrentX = e.getX ();
currentY = e.getY ();
if (Graphics2D! = null)
graphics2D.drawLine (oldX, Oldy, CurrentX, currentY);
repaint ();
oldX = CurrentX;
oldy = currentY;
}

});
/ / Sementara mouse diseret set CurrentX & currentY sebagai mouse x dan y
/ / Kemudian ia menarik garis pada koordinat
/ / Itu repaints dan menetapkan oldX dan oldy sebagai CurrentX dan currentY
}

public void paintComponent (Graphics g) {
if (image == null) {
image = createImage (getSize () lebar, getSize () tinggi..);
Graphics2D = (Graphics2D) image.getGraphics ();
graphics2D.setRenderingHint (RenderingHints.KEY_ANTIALIASING, RenderingHints.VALUE_ANTIALIAS_ON);
jelas ();

}
g.drawImage (gambar, 0, 0, null);
}
/ / Ini adalah bit lukisan
/ / Jika tidak ada di atasnya kemudian
/ / Menciptakan gambar ukuran jendela
/ / Set nilai Graphics sebagai gambar
/ / Set rendering
/ / Menjalankan metode yang jelas ()
/ / Kemudian ia menarik gambar


public void clear () {
graphics2D.setPaint (Color.white);
graphics2D.fillRect (0, 0, getSize () lebar, getSize () tinggi..);
graphics2D.setPaint (Color.black);
repaint ();
}
/ / Ini adalah jelas
/ / Set warna putih
/ / Kemudian mengisi jendela dengan warna putih
/ / Tipis set warna kembali ke hitam
public void merah () {
graphics2D.setPaint (Color.red);
repaint ();
}
/ / Ini adalah cat merah
public void hitam () {
graphics2D.setPaint (Color.black);
repaint ();
}
/ / Cat hitam
public void magenta () {
graphics2D.setPaint (Color.magenta);
repaint ();
}
/ / Magenta cat
public void biru () {
graphics2D.setPaint (Color.blue);
repaint ();
}
/ / Biru cat
public void hijau () {
graphics2D.setPaint (Color.green);
repaint ();
}
/ / Cat hijau

}


/ / Kode di atas menjelaskan tentang dasar-dasar menggambar di atas canvas dimana code didalamnya menggunakan Graphics 2D,jika anda telah mengusai Java Swing mungkin anda akan lebih mengerti.

source code Image Processing Java Netbeans (Kumputer Grafik)

Jcomponent Dan Graphic 2D

Tambahkan tiga deklarasi variabel berikut ke atas kelas PaintTopComponent dan kemudian memperbaiki laporan impor ( Ctrl -Shift - I) .
PaintCanvas swasta kanvas = PaintCanvas baru ( ) ; / / Komponen pengguna mengacu pada Pratinjau JComponent swasta; / / A komponen dalam toolbar yang menunjukkan ukuran kuas.


private static int ct = 0; / / A melawan Anda gunakan untuk memberikan nama untuk gambar baru Sekarang Anda perlu untuk mengimplementasikan dua metode boilerplate . Yang pertama memberitahu sistem windowing untuk mengabaikan jendela terbuka ketika aplikasi dimatikan , yang kedua memberikan string dasar untuk string ID unik untuk komponen kami . 
Setiap TopComponent memiliki ID string unik yang digunakan saat menyimpan TopComponent tersebut . Masukkan dua metode berikut ke kelas PaintTopComponent :
    
getPersistenceType public int ( ) {
        kembali PERSISTENCE_NEVER ;
    }

    public String preferredID ( ) {
        kembali " Gambar " ;
    }

Kelas sekarang harus terlihat sebagai berikut :
public class PaintTopComponent meluas TopComponent mengimplementasikan ActionListener , ChangeListener {
    
PaintCanvas swasta kanvas = PaintCanvas baru ( ) ; / / Komponen pengguna mengacu pada Pratinjau JComponent swasta; / / A komponen dalam toolbar yang menunjukkan kuran kuas.

private static int ct = 0; / / A melawan Anda gunakan untuk memberikan nama untuk gambar baru
    
    PaintTopComponent public ( ) {
    }
    
    public void actionPerformed ( ActionEvent arg0 ) {
        melemparkan UnsupportedOperationException baru ( " Tidak didukung belum. " ) ;
    }
    
    public void stateChanged ( ChangeEvent arg0 ) {
        melemparkan UnsupportedOperationException baru ( " Tidak didukung belum. " ) ;
    }
    
    getPersistenceType public int ( ) {
        kembali PERSISTENCE_NEVER ;
    }
    
    public String preferredID ( ) {
        kembali " Gambar " ;
    }
    
}

Untuk mendapat Code projecnya silahkan tinggalkan Email anda di komentar.gratis tanpa dipungut biaya.

Itulah sekilas tentang Dasar-dasar Image Processing Java Netbeans (Kumputer Grafik),semoga bermanfaat sob,jangan lupa sempetin komentar dulu,kunjungi juga artikel saya selanjutnya tentang Kumpulan Tutorial Pemrograman. Terimakasih 


  1. Mengenal Bahasa Pemrograman C++
  2. Mahir Editing Video
  3. Login Jprogressbar Dengan Java Netbeans

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
23 December 2016 at 04:22 ×

thanks for tutorial

Reply
avatar
18 January 2019 at 21:00 ×

tolong emailkan ya gan :) adityaadit677@gmail.com
terimakasih :)

Reply
avatar