Riset Kata Kunci (Keyword Research)
Pasti kalian bertanya-tanya "Apa itu riset kata kunci (keyword research) dan apa pula yang dimaksud dengan analisa kompetisi?"
User melakukan pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci atau keyword, dan mesin akan memberikan hasil yang relevan dengan kata kunci tersebut.
Dengan bantuan tool dari Google, kita bisa melakukan riset untuk mendapatkan kata kunci yang populer atau yang kompetisinya rendah.
Pentingnya riset kata kunci (Judul Post)
Di awal-awal karir saya
sebagai blogger, karena belum mengerti tentang riset kata kunci saya membuat
artikel dengan topik yang tidak ada pencarinya. Saya heran, padahal artikel itu
ada di peringkat 1 hasil pencarian Google tapi kenapa tidak mendapatkan traffic?
Baru setelah saya mengerti tentang riset keyword saya sadar bahwa kata
kunci yang saya incar tidak ada yang mencari.
Jadi, riset kata kunci itu penting supaya kita tidak capek-capek membuat
artikel lalu akhirnya tidak ada yang membaca.
Lalu apa yang dimaksud dengan analisa kompetisi?
Untuk blog atau website baru yang pondasi SEO-nya belum kuat, ada kalanya
kita perlu mengincar kata kunci yang kompetisinya rendah agar kita tetap bisa
muncul di halaman pertama.
Bab ini hanya
berupa pengenalan terhadap keyword research dan hubungannya terhadap SEO, kalau
anda ingin mendalami lebih lanjut mengenai topik ini silahkan menuju panduan
khusus untuk keyword research (5 bab).
Riset keyword dengan Google Keyword Planner
Tool favorit saya dalam
melakukan riset kata kunci adalah GKP atau Google
Keyword Planner. Alasannya, karena gratis dan fiturnya lengkap. Selain itu,
karena milik Google sendiri tentunya lebih akurat.dan anda bisa tau mana judul postingan yang paling muncul pertama digoole.
Untuk melakukan riset kata kunci caranya cukup mudah:
1. Masukkan keyword, anda
bisa masukkan lebih dari satu. Untuk memasukkan lebih dari satu kata kunci
gunakan koma atau line break
2. Atur negara target
3. Pilih bahasa
4. Klik ‘get ideas’
Kemudian anda akan diarahkan menuju halaman berikut:
Dari sini bisa kita lihat bahwa ada 320 orang yang mencari dengan kata
kunci beli baju dalam sebulan. Di lain pihak, kalau saya ganti dengan “jual
baju” ternyata hasilnya 1.900, ini artinya yang mencari jual baju lebih banyak
daripada beli baju.
Dengan memanfaatkan pengetahuan kita mengenai on-page SEO dari bab
sebelumnya, maka kita bisa mengoptimasi halaman website kita dengan menggunakan
kata kunci jual baju daripada beli baju.
Seperti inilah inti dasar dari riset kata kunci.
Mencari kata kunci dengan persaingan rendah
Dalam
melakukan riset kata kunci, biasanya kita sebagai pemilik website baru
mengincar yang persaingannya rendah. Ini karena website baru biasanya belum
memiliki “pondasi” yang kuat sehingga akan kalah kalau bersaingan dengan
website besar.
Long tail keyword
Satu
lagi yang perlu anda kenal mengenai riset keyword yaitu long
tail keyword atau kata kunci berekor panjang.
Selain
kata kunci yang anda cari, GKP juga menampilkan jumlah pencarian dari kata
kunci sejenis. Misalnya dari gambar di atas, selain kata kunci baju baru juga
ada yang lain seperti jual beli baju, beli baju online, jual beli baju online,
dan lain-lain.
Dari
sini, kalau kita mengoptimasi website untuk keyword beli baju, maka hanya ada
320 pencari per bulan. Tapi kalau kita mengoptimasi untuk beli baju online maka
total pencariannya adalah 1.300 + 320 = 1.620.
Tetapi
tentu saja keputusannya balik lagi ke tangan anda dan relevan atau tidaknya
konten anda dengan long tail yang ada.
Terakhir,
kalau website anda berupa toko online (e-commerce) atau dimonetisasi dengan
produk afiliasi, long tail keyword biasanya memberikan conversion rate lebih
besar daripada keyword biasa. Ini karena orang yang menggunakan long tail
biasanya niat membelinya lebih tinggi.
Sebagai
contoh, orang yang mencari “baju biru” dengan “beli baju biru”. Yang pertama
biasanya hanya ingin mencari informasi, sementara yang kedua terlihat niatnya
ingin membeli.
Lebih lanjut tentang keyword research
Bab ini
hanya berupa pengenalan terhadap keyword research dan hubungannya terhadap SEO,
kalau anda ingin mendalami lebih lanjut mengenai topik ini silahkan menuju tutorial selanjutnya panduan khusus untuk keywordresearch . jika artikel ini belum bisa dimengerti oleh anda,silahkan tinggalkan komentar. terimakasih
1 komentar:
Click here for komentarThanks for tutorial
ConversionConversion EmoticonEmoticon