Semua pemilik website pada suatu saat akan menyadari betapa pentingnya
keyword dan risetnya.
Terutama saat mereka sudah lelah membuat banyak konten, tapi websitenya
masih sepi.
Meskipun sudah di peringkat 1.
Itulah mengapa riset kata kunci merupakan tahapan yang seharusnya dilakukan
di awal, ketika website anda baru dibangun.
Bukan ketika mereka sadar websitenya salah.
Oleh karena itu, selamat datang di panduan keyword research.
Ada total beberapa tutorial tentang Blog yang akan mengantarkan anda untuk mengenal prinsip keyword research
yang sebenarnya, kemudian menerapkannya ke website anda.
Mengapa keyword research sangat penting?
Saya
garis bawahi sangat, karena memang sangat penting.
Coba
ingat kembali, apa tujuan anda mempelajari SEO?
Mendapatkan
pengunjung…?
Meningkatkan
penjualan…?
Atau
mendapatkan penghasilan…?
Biasanya
sih ketiganya. Dimulai dari mendapatkan pengunjung, kemudian penjualan akan
meningkat, dan anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.
Sayangnya,
tanpa riset kata kunci, semua itu mustahil.
Mengapa?
Ada
3 alasannya.
Disinilah para pemula melakukan kesalahan
Tidak
semua keyword itu sama.
Ada
keyword yang sering dicari, ada pula yang sepi.
Kalau
anda tidak paham dengan keyword research, maka kemungkinan besar anda akan
menargetkan kata kunci yang tidak pernah dicari sama sekali.
Itulah
yang sering dilakukan.
Mereka
membuat konten tanpa peduli dengan keyword, kemudian merasa bangga bahwa
websitenya sudah masuk ke halaman satu.
Tapi
pengunjungnya tetap sedikit.
Tidak
ada perubahan sama sekali.
Percuma
kan?
Sudah
susah payah membuat konten, tapi ternyata tidak ada yang tertarik.
Dan disinilah para pakar terjebak
Katakanlah
Budi punya website yang menjual suatu produk.
Supaya website
ini banyak pengunjungnya, Budi menargetkan keyword-keyword
dengan volume pencarian yang besar melalui Google Keyword
Planner.
Okelah…karena
Budi ini pakar SEO, 2 minggu kemudian peringkat 1.
Pengunjung
berdatangan…
Tapi
ternyata tidak ada yang membeli produk yang ditawarkan.
Kenapa tuh?
Ini
penyebabnya:
Budi mengincar
kata kunci yang salah.
Yang
perlu anda ingat, tujuan dari keyword research bukan hanya untuk menemukan
kata kunci dengan jumlah pencarian terbanyak.
Bukan
cuma mendatangkan pengunjung.
Melainkan
untuk mendatangkan pengunjung yang tepat sasaran.
Kalau
anda ingin supaya mereka membeli produk yang anda tawarkan, maka anda harus
menargetkan keyword yang digunakan oleh orang yang memang ingin membeli.
Lebih
jelasnya kita bahas di Artikel Sebelumnya.
Penyebab kesalahan yang
diajarkan secara turun-temurun
Bicara
tentang riset keyword, biasanya hal yang pertama kali dilakukan adalah
membuka Google Keyword Planner. Lalu memasukkan keyword.
Ini
tidak benar.
Terutama
bagi pemilik website baru.
Kesalahan ini terlalu parah sampai-sampai
cara tersebut terus dilakukan dan diajarkan secara turun-temurun kepada pemula.
Kacau.
Lihat
kasus berikut:
Misalnya
Budi punya website yang menjual jasa kursus Bahasa Inggris.
Maka
Budi ingin mendapatkan peringkat 1 untuk kata kunci “kursus bahasa
inggris”. Kata kunci ini dijadikan sebagai target utama.
Sampai
di situ tidak ada masalah.
Ini
masalahnya:
Seperti
yang dilakukan banyak orang, Budi langsung memasukkan keyword utamanya ke
Google Keyword Planner.
Hasil
yang didapatkan seperti gambar berikut.
Apa yang terjadi? Kenapa Budi kena penalti?
Lihat
lagi keyword tadi.
Semuanya
hampir sama.
Ketika
Budi membuat artikel yang masing-masing mengincar keyword tersebut, artikel di
websitenya akan jadi mirip semua. Tidak ada variasi.
Akibatnya
2:
Pengunjung
akan menganggap website anda dibuat secara asal-asalan, sehingga akan langsung
pergi karena tidak mendapatkan informasi yang bagus.
Tidak
hanya itu.
Google
dan mesin pencari lain akan menganggap website anda “kurus”.
Kita
tahu bahwa Google tidak suka website yang kurus, artinya website yang
semua halamannya mengincar keyword yang sama. Sehingga isinya juga sama.
Itu
sebabnya Budi kena penalti.
Maka
dari itu, saya tekankan sebelum kita mulai:
Google
Keyword Planner BUKAN tool untuk menemukan kata kunci baru.
Lain
kali kalau ada orang yang menyarankan para pemula untuk menggunakan Google
Keyword Planner untuk mencari keyword, beritahukan kepada mereka akibatnya
Materi Panduan Keyword Research
Terimakasih atas kunjungan di website saya pantau terus karena website saya terus menerus update tentang segala tutorial yang ada di bumi ini hehehe.
Sekarang,
karena anda sudah paham berbagai kesalahan yang dilakukan terkait keyword
research, saatnya kita mulai belajar tahapan yang benar. Silahkan mulai dari
bab pertama.
Semoga bermanfaat,salam blogger. :D
ConversionConversion EmoticonEmoticon