Mempercepat Emulator Android



Salah satu hal yang menyebalkan dalam membuat aplikasi android adalah emulatornya yang sangat lambat. Lambat saat load dan juga tidak responsif. Untuk mempercepat, bisa saja menggunakan smartphone Android yang dihubungkan dengan kabel USB. Tetapi cara ini tidak fleksibel dan tidak praktis, harus bolak-balik antara layar laptop dengan layar smartphone. Belum lagi jika ingin mencoba di beberapa versi Android.
Berita bagusnya, bagi yang menggunakan  prosesor Intel yang mendukung teknologi Intel VT  (virtualization tech) dapat  mempercepat waktu loading dan eksekusi  secara signifikan.  Harus dipastikan dulu prosesor yang Anda miliki mendukung VT-x  dengan mengeceknya di  http://ark.intel.com/Products/VirtualizationTechnology.   Jika ada di dalam daftar tersebut, maka langkah selanjutnya mudah (saya asumsikan Android SDK sudah diinstall).
Petama install Intel Hardware Accelerated Execution Manager (HAXM), download dan install software di alamat berikut:
Atau alternatifnya melalui android SDK manager dibagian Extra.
Setelah itu install  Intel Jelly Bean x86 Emulator System, dapat  melalui android SDK dengan cara mendownload “Intel Atom x86 System Image”.  Versi terendah yang memiliki Intel System Image adalah API 10 (Android 2.3.3), tapi khusus untuk versi 2.3.3 ini ada trik yang harus dilakukan agar emulator dapat bekerja (baca keterangan di paling bawah).

 
ataupun melalui cara manual (download zip). Petunjuk lengkapnya ada di:
Selanjutnya buat AVD berdasarkan image ini dengan cara memilih  Intel sebagai target, sekali lagi: intel sebagai target (jangan ARM).  Kemudian aktifkan GPU Emulation saat membuat AVD (dibagian hardware, klik button “new” dan pilih GPU).  Coba jalankan dan AVD ini akan berjalan jauh lebih cepat dan lebih responsif (perkiraan kasar saya 400% lebih cepat).
Mengapa lebih cepat? secara default emulator android menggunakan arsitektur  ARM.  Dengan menggunakan system image Intel,   semua fitur yang disediakan prosesor Intel dapat dimanfaatkan.
Pembahasan lebih rinci tentang ini  dapat dibaca di: http://developer.android.com/tools/devices/emulator.html#accel-vm .

Untuk Intel System Image versi 2.3.3, jika menggunakan konfigurasi default  maka emulator akan hang diawal booting. Solusinya adalah mengeset resolusi menjadi 480×800 dan mematikan GPU (gambar bawah).   Karena resolusi diset manual, maka panel berisi keyboard/home/back  akan hilang.  Untuk mengatasi ini aktifkan keyboard support sedangkan untuk mensimulasikan tombol HOME ketik HOME, dan untuk BACK ketik ESC.

 

Selamat mencoba,salam android :D ....








Previous
Next Post »